Air Terjun Sedudo Nganjuk

Air Terjun Sedudo Nganjuk, dilihat dari atas

Melanjutkan “tradisi” setelah lebaran, pada lebaran 1432 H (2011) saya beserta kawan-kawan sesama penggemar touring motor mengagendakan touring dengan destinasi Air Terjun Sedudo yang berada di Nganjuk, Jawa Timur.  Dari Jogja butuh waktu sekitar 6-7  jam untuk sampai ke air terjun tersebut. Route yang ambil adalah Jogja – Klaten – Solo – Tawang Mangu – Sarangan – Magetan – Madiun – Nganjuk.

Sengaja kami tidak melewati route “tradisional”  Solo – Sragen – Ngawi, selain untuk menghindari jalan yang cukup ramai (karena bertepatan dengan arus mudik/arus balik), juga untuk menikmati pemandangan di sekitar Tawang Mangu dan Sarangan yang cukup menarik.

Air Terjun Sedudo tepatnya terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Dari jalan utama Madiun – Surabaya, belok ke arah selatan sekitar 30 km. Setelah menyusuri jalan lebih dari 40 menit karena jalannya yang relatif sempit, berkelok-kelok dan cenderung naik kami sampai di parkiran air terjun Sedudo. Di sini ternyata hanya dapat menampung parkiran sepedar motor saja.

Papan Informasi Air Terjun Sedudo Nganjuk

Papan Informasi Air Terjun Sedudo Nganjuk

Untuk parkiran mobil letaknya agak jauh  dari lokasi wisata. Perlu jalan kaki belasan menit plus mungkin nafas ngos-ngosan karena jalannya yang naik cukup terjal :D Atau kalau tidak mau capai, bisa juga menggunakan jasa ojek motor yang ditawarkan oleh banyak orang di sekitar lokasi  parkir mobil.

Air terjun Sedudo terletak di daerah semacam lembah, oleh karena itu dari parkiran motor pengunjung mesti jalan kaki menuruni ratusan anak tangga. Nggak terasa capek karena kita bisa menikmati pemandangan di seputar air terjun dari atas.

Air Terjun Sedudo, dilihat dari atas

Air Terjun Sedudo, dilihat dari atas

Saat kami di sana lokasi tersebut cukup ramai karena masih bertepatan dengan libur lebaran. Bahkan sampai sore menjelang maghrib pun pengunjung masih cukup banyak. Di lokasi wisata air terjun Sedudo ini tersedia fasilitas yang memadai seperti kamar mandi dan mushola. Terdapat juga banyak warung makan dan kios yang menawarkan kaos dan cinderamata lain.

Di sini pengunjung bisa mandi  di bawah air terjun. Tentu dengan hawa yang cukup dingin. Saya sendiri jujur aja cuma berani cuci kaki & cuci muka aja, nggak  berani mandi :D

Salah satu “kekurangan” dari lokasi wisata tersebut menurut saya adalah tidak adanya hotel atau penginapan yang dekat dengan lokasi wisata. Salah satu hotel yang cukup representatif dengan harga terjangkau adalah Hotel Wisata Karya yang terletak sekitar 5 km di bawah lokasi wisata air terjun Sedudo.  Untuk makan, bisa di hotel tersebut atau di warung di sekitar pasar yang terletak beberapa kilometer di bawah lokasi hotel.

Hotel Wisata Karya yang terletak di dekat Air Terjun Sedudo

Hotel Wisata Karya yang terletak di dekat Air Terjun Sedudo
Tampak Depan Hotel Wisata Karya, Air Terjun Sedudo

Tampak Depan Hotel Wisata Karya, Air Terjun Sedudo

Hotel Wisata Karya Nganjuk

Pemandangan di halaman Hotel Wisata Karya dengan latar belakang Gunung Wilis

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.83 out of 5)
Loading ... Loading ...

4 Responses to Air Terjun Sedudo Nganjuk

  1. Doddy Nganjuk says:

    Dekat rumahku nih … :D

    0
  2. Warih Sukanti says:

    Pengen kesana lagiiiiiiiiii…… :)

    0
  3. jazz says:

    mantap!!!!!
    coba ke sri gethuk bosss

    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose