Pancuran 7 (Pitu) Baturaden

Pancuran Pitu Baturaden

Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di area wisata Baturaden. Untuk mencapai lokasi tersebut Anda dapat menempuh dengan berjalan kaki dari taman wisata Baturaden dengan jarak kurang lebih 2,5 km. Saat ke Pancuran 7 ini saya dan keluarga lebih memilih untuk menggunakan mobil. Alasannya simpel aja, saya nggak kuat jalan jauh :-D Apalagi saya mesti menggendong anak saya yang masih kecil.

Jalan Menuju Pintu Pancuran Pitu Baturaden

Jalan menuju pancuran pitu Baturaden

Dari area tempat parkir Baturaden, jarak ke tempat wisata air panas Pancuran 7 adalah sekitar 6 km. Walau pun jalannya bisa dikatakan lumayan parah tapi masih ada yang bisa dinikmati di sepanjang perjalanan yaitu suasananya yang cukup sejuk dengan pohon-pohon tinggi yang berderet di sepanjang jalan. Maklum saja, Pancuran 7 terletak di hutan yang dikelola Perhutani.

Pintu Gerbang Pancuran Pitu Baturaden

Pintu Gerbang Pancuran Pitu Baturaden

Butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di tempat parkir Pancuran 7. Dari gerbang masuk ternyata pengunjung masih harus berjalan kaki lumayan jauh. Butuh waktu agak lama untuk menuruni ratusan (atau mungkin malah ribuatn) anak tangga yang ada karena sebentar-sebentar saya harus istirahat dulu untuk menarik napas :-D

Setelah sampai di Pancuran 7 saya awalnya agak “kaget” karena ternyata pancuran tersebut tidak sebesar yang saya bayangkan. Walau pun begitu saya masih sangat menikmati suasananya yang masih sejuk dan alami. Air yang keluar dari Pancuran 7 tersebut ternyata sangat panas. Di sini banyak pengunjung yang antre untuk sekedar membasuh tangan dan kaki dengan air panas yang mengandung belerang yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit.

Pancuran Pitu Baturaden

Menikmati panasnya air pancuran pitu Baturaden

Di sebelah Pancuran Tujuh ini juga terdapat tukang pijat yang menggunakan “media” belerang yang diambil dari area sekitar pancuran. Sayangnya tempat pijat tersebut terbuka sehingga kesannya jadi tontonan orang banyak.

Sekilas tentang Pancuran 7 (Pitu/Tujuh) Baturaden:

  • Tiket masuk sebesar Rp 7.500,-
  • Dapat ditempuh dengan jalan kaki dari taman wisata Baturaden, mobil pribadi, motor atau kendaran umum (angkot)
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.33 out of 5)
Loading ... Loading ...

3 Responses to Pancuran 7 (Pitu) Baturaden

  1. phiropurwa says:

    Sudah lama sekali sejak terkhir kali piknik ke baturaden.

    0
  2. muclizz says:

    keren keren fotonya, diskripsinya lebih banyak donk. biar lebih tau neh kita, hehehe

    0
  3. itu air terjun apa air mancur yaa ?

    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose