Pantai Permisan Nusakambangan

Pantai Permisan Nusakambangan

 

Mendengar kata Nusakambangan biasanya orang mengasumsikan sebagai tempat yang menyeramkan. Memang tidak salah karena Nusakambangan merupakan tempat “pembuangan” para penjahat kelas kakap. Namun, di balik aura “angker” tersebut, Nusakambangan menyimpan potensi wisata yang sangat menarik yaitu wisata Pantai.

Di Nusakambangan terdapat beberapa pantai dan salah satu yang pernah saya kunjungi bareng rekan-rekan sehabis lebaran tahun 2009 adalah Pantai Permisan yang terletak di sebelah selatan LP Permisan. Pantai tersebut masih cukup “perawan” karena masih jarang sekali dikunjungi orang. Di sepanjangan pantai dengan pasir putih tersebut terdapat cukup banyak batu-batu karang yang menambah keelokan pantai tersebut.

Di pantai Permisan terdapat sebuah patung pisau komando karena di pantai tersebut sering digunakan untuk acara pembaretan pasukan khusus TNI. Karena lokasinya yang cukup terisolasi maka di pantai ini tidak ada warung yang jual makanan atau minuman. Hanya ada beberapa narapidana yang menawarkan perhiasan batu akik.

Untuk masuk ke Nusakambangan kami kemarin menyeberang melalui pelabuhan Sodong dan menumpang kapal Pengayoman II. Untuk naik kapal tersebut kita tidak dipungut biaya alias gratis. Kapal tersebut biasa digunakan untuk mengantar jemput para petugas LP yang bertugas di Nusakambangan. Karena jarak pulau Jawa dan Nusakambangan sangat dekat maka hanya perlu waktu sekitar 10 menit untuk menyeberang.

Panorama di Pantai Permisan Nusakambangan

Panorama di Pantai Permisan Nusakambangan

Pantai Permisan, sisi sebelah timur

Pantai Permisan, sisi sebelah timur

Kapal Pengayoman II

Kapal Pengayoman II yang digunakan untuk menyeberang secara gratis ke pulau Nusakambangan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading ... Loading ...

2 Responses to Pantai Permisan Nusakambangan

  1. Joko Samputro says:

    Sekarang susah ya masuk ke nusakambangan?

    0
  2. Rudi says:

    Dulu banget saya juga pernah ke pantai permisan ini. Waktu itu jalannya masih belum semulus sekarang.

    4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose